Senin, 08 Februari 2010

Mengambil Hati Mertua Dan Ipar

Sebagian orang mengatakan, membina hubungan yang manis dengan mertua dan ipar adalah hal yang gampang-gampang susah. Padahal sejatinya meluluhkan hati mertua dan menarik simpatik ipar bukan sesuatu yang sulit apabila kita mengetahui caranya. Berikut ini adalah tipsnya :

1. Posisikan mertua seperti orang tua sendiri dan ipar saudara kandung sendiri. Dengan memposisikan diri demikian, anda melebur bersama mereka. Caranya, berikan empati anda saat mereka sakit atau mengalami masalah. Jangan ragu menawarkan bantuan yang bisa anda lakukan tentunya. Bila tidak serumah, biasakan datang secara rutin menjenguknya, terutama pada mertua.

2. Ingat hari ulang tahun mereka. Perhatian kecil akan meluluhkan hati siapapun. Jadi, cobalah selalu ingat hari ulang tahun atau hari-hari penting yang menjadi tradisi mereka. Beri kejutan berupa kado atau membawakannya kue buatan anda sendiri. Sebelum memilih kado atau membawakan sesuatu, ada baiknya dari jauh-jauh hari mencari tahu barang apa yang mereka butuhkan atau inginkan.

3. Lakukan kegiatan bersama mertua dan ipar. Sesekali bila ada waktu senggang ajak mertua dan ipar untuk jalan-jalan atau shopping. Memasak bersama juga bisa menjadi alternatif, siapa tahu anda akan diajarkan banyak resep keluarga yang selama ini tidak anda ketahui. Oh ya, jangan sungkan memberi pujian meski hanya sekadarnya.

4. Jangan terlalu mendominasi atau menguasai suami. Ingatlah bahwa suami masih memiliki orang tua dan saudara kandung yang juga memerlukan perhatiannya. Cobalah berbesar diri untuk berbagi hati dan perasaan dengan mereka.

5. Minta pendapat mereka. Tiap kali ada masalah dengan suami atau masalah lainnya, cobalah minta pendapat mertua dan ipar siapa tahu bisa membantu. jangan merasa sungkan, mereka bukan orang lain bukan ? Bila anda mencintai suami berarti anda juga harus menyayangi keluarganya.


*Sumber : Kartini edisi 2254

5 komentar:

  1. koyoke awakmu pengalamane akeh corr???
    wes di buktikan ta???


    dony

    BalasHapus
  2. hmm...ini kan belajar dari suhu doni yang menurunkan ilmunya turun temurun..sebentar lagi aku buktikan don hehehe...

    BalasHapus
  3. Langkah ketiga ampuh lho Corr, coz aku baru nyoba yang itu... Suwon yoo Corr.

    BalasHapus
  4. Yang nomor telu ampuh Corr. Sesok sesi kedua sama adik2 ipar corr...(tri)

    BalasHapus
  5. aku juga mau coba mbak, sama mertuanya tetangga hihihihihi....

    BalasHapus